Duel Xiami 12 Lite vs Poco F4, manakah yang terbaik?

Xiaomi 12 Lite vs Poco F4 mungkin tidak terdapat perbedaan yang mencolok. Hal ini bisa nampak dari handphone Xiaomi 12 Lite 5G dan POCO F4 5G yang sama-sama tersedia dengan harga di kisaran Rp5 jutaan. Akan tetapi kita belum tahu perangkat manakah yang paling layak untuk dipertimbangkan dari kedua jenis ponsel tersebut?


Dalam hal ini, Xiaomi 12 Lite 5G rilis di kisaran harga Rp5.799.000 untuk series 8GB + 256GB. Sementara itu, untuk handphone POCO F4 tersedia pada kisaran harga Rp5.199.000 untuk series 6GB + 128GB dan Rp5.699.000 untuk 8GB + 256GB. Wah, bisa dilihat bukan bahwa Xiaomi 12 Lite vs Poco F4 masih diberondol dalam range harga 5 jutaan saja.

Walaupun, diluncurkan dengan harga yang hampir setara, Xiaomi 12 Lite 5G vs POCO F4 memiliki keunikan dan spesifikasi yang terbilang sangat bertolak belakang. Berikut ini lebih lanjut kami akan membahas mengenai perbedaannya untuk Anda yang sedang mempertimbangkan kedua handphone tersebut.

Yang pertama handphone Xiaomi 12 Lite 5G nampak secara khusus membawa chipset Qualcomm Snapdragon 778G untuk dalam hal dapur pacunya. Berbeda dengan handphone tersebut, POCO F4 yang dirilis dengan harga yang sedikit lebih murah mengandalkan Qualcomm Snapdragon 870. Nah, dari sini sudah terlihat bukan perbedaannya?.

Snapdragon 778G dan Snapdragon 870 memang bisa dikatakan sama-sama bertenaga. Hanya saja dalam penggunaannya sehari-hari, kemampuan dari kedua handphone tersebut tentu akan sangat berbeda. Hal tak luput dari keikutsertaan spesifikasi dan dukungan yang dimiliki oleh kedua handphone tersebut.

Hal ini terbilang wajar apabila melihat Snapdragon 778G sebagai chipset yang dirancang sebagai jembatan antara pasar menengah dan atas.

Sementara itu, Snapdragon 870 benar-benar termasuk ke dalam kelas flagship. Tidak hanya sektor dapur pacu saja, perbedaan utama dari Xiaomi 12 Lite vs POCO F4 adalah dukungan fotografi di kedua handphone tersebut.
Keduanya memang sama-sama mengadopsi kamera utama dengan lensa tiga namun, resolusi yang disediakan sedikit berlawanan.

Dalam hal Kamera utama Xiaomi 12 Lite 5G ini mendukung pengambilan gambar dengan resolusi mencapai 108MP sementara, untuk handphone POCO F4 hanya mencapai 64MP.

Walaupun, keduanya sama-sama memiliki lensa sudut lebar 8MP dan makro 2MP. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan kamera depan dari kedua handphone tersebut. Xiaomi 12 Lite 5G hadir dengan membawa lensa yang resolusinya mencapai 32MP dimana, resolusi ini lebih tinggi ketimbang POCO F4 yang hanya mendukung sampai 20MP.

Jika diletakkan diatas kertas, kamera dari Xiaomi 12 Lite bakalan lebih mampu untuk menangkap gambar secara lebih detail. Namun perlu diingat bahwa handphone tersebut belum dibekali dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization).

Teknologi ini berguna untuk memberikan stabilisasi pengambilan gambar sebagaimana handphone POCO F4.

Selanjutnya, perbedaan Xiaomi 12 Lite vs POCO F4 ini terletak pada ukuran layar. Walaupun, sama-sama mengusung teknologi AMOLED dengan refresh rate hingga 120Hz, Xiaomi 12 Lite 5G juga memiliki ukuran yang lebih kecil. Layar handphone tersebut hanya seukuran 6,55” sedangkan POCO F4 sudah berukuran 6,67”.

Ditambah lagi, handphone POCO F4 juga memiliki tingkat kecerahan layar yang lebih tinggi. Layar handphone tersebut dapat menghasilkan cahaya hingga 1.300nit padahal Xiaomi 12 Lite 5G hanya mampu untuk menghasilkan kecerahan hingga 950nit saja. Dan sebagai alternatifnya, Xiaomi 12 Lite ini hadir secara lebih canggih dengan penggunaan teknologi Adaptive Sync.

Teknologi ini mampu untuk mengubah setelan refresh rate yang didasarkan konten secara dinamis dan dukungan sensor pemindai sidik jari terintegrasi yang ada pada layar. Sama-sama mengadaptasi teknologi pengisian 67W Turbo Charging, Xiaomi 12 Lite vs POCO F4 dilengkapi dengan baterai yang cukup berbeda. Handphone Xiaomi 12 mempunyai kapasitas 4.300mAh sedangkan untuk POCO F4 sudah mencapai 4.500mAh.

Itulah perbandingan dari Xiaomi 12 Lite vs POCO F4, jika dilihat dari berbagai sisi. Untuk pilihan mana yang terbaik, sebenarnya hal tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah dari kedua jenis handphone diatas yang sangat sesuai dengan budget dan kebutuhan keseharian Anda. Jadi, dengan penjelasan diatas diharapkan Anda tidak bingung lagi dalam menentukan pilihan Anda.