Mengenal Apa Itu USB Type Micro ? Inilah Penjelasannya

USB Type-Micro adalah salah satu jenis USB yang lebih kecil dibandingkan dengan USB Type-A atau USB Type-B. Ini biasanya digunakan untuk menghubungkan perangkat kecil seperti smartphone atau tablet ke komputer. Karena ukurannya ini maka lebih mudah untuk dibawa dan digunakan. 

Selain itu, USB Type-Micro juga memiliki kecepatan transfer data yang lebih rendah dibandingkan dengan jenis USB lainnya. Di antaranya seperti menyimpan foto atau video dari kamera smartphone ke komputer. 

Menariknya lagi, USB Type-Micro juga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai, sehingga Anda dapat mengisi smartphone atau tablet Anda melalui port USB pada komputer. Bahkan dapat menghubungkan perangkat ke printer, scanner, dan lain-lain.

Kelebihan USB Type Micro

Ada beberapa kelebihan dari USB Type-Micro, termasuk:

-Ukuran yang lebih kecil: USB ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis USB lainnya, sehingga lebih mudah untuk dibawa dan digunakan.

-Kemampuan untuk mentransfer data dan daya secara bersamaan: Punya kemampuan untuk mentransfer data dan mengisi daya baterai perangkat secara bersamaan, sehingga Anda tidak perlu menggunakan kabel tambahan untuk mengisi daya.

-Kompatibilitas yang lebih baik: Memiliki konektor yang dapat diputar, sehingga tidak perlu dipikirkan lagi arah konektor saat menghubungkan perangkat. Ini juga memiliki kemampuan untuk bekerja dengan berbagai jenis perangkat.

-Dukungan untuk berbagai fitur tambahan: Dapat mendukung berbagai fitur tambahan seperti display tambahan, audio digital, dan lainnya.

-Harga yang relatif lebih murah: Biasanya lebih murah dibandingkan dengan jenis USB lainnya seperti USB Type-C, sehingga lebih terjangkau bagi banyak orang.

Kekurangan Usb Type Micro

Beberapa kekurangan dari konektor ini antara lain:

-Ukurannya yang kecil, yang dapat menyebabkan konektor tersebut mudah patah atau rusak jika dipaksakan untuk terhubung ke perangkat.

-Konektornya tidak dapat dibuka dan ditutup seperti konektor USB tipe A atau B, sehingga tidak dapat digunakan untuk perangkat yang membutuhkan sambungan yang mudah dibuka dan ditutup.

-Konektor ini tidak dapat digunakan pada perangkat yang membutuhkan kecepatan transfer data yang tinggi, seperti perangkat yang digunakan untuk mentransfer file video atau audio dengan ukuran besar.

Selain itu, ini juga tidak kompatibel dengan perangkat yang membutuhkan konektor USB tipe A atau B, sehingga pengguna harus menggunakan adaptor atau kabel konverter untuk menghubungkan perangkat tersebut.

Cara Memperbaiki USB Type Micro Yang Rusak

Sebelum mencoba untuk memperbaiki USB Type-Micro ini, pertama-tama periksa apakah kabel USB tersebut benar-benar rusak atau hanya terjadi masalah koneksi. Anda bisa mencoba menghubungkan kabel USB tersebut ke komputer atau perangkat lain yang memiliki port USB untuk mengetesnya. Jika tidak ada masalah dengan kabel, cobalah memasang kembali konektor USB ke port USB di komputer Anda. 

Barangkali perangkat yang bermasalah, silahkan coba pembaruan Sistem (Jika Tersedia). Walaupun kemungkinannya sangat kecil, namun dalam beberapa kasus, melakukan Windows Update terbukti dapat mengatasi masalah port USB yang tidak terbaca. Hal ini bisa terjadi karena terkadang ada file update driver USB yang harus Anda install untuk mengatasi berbagai bug pada driver USB versi sebelumnya.

Jika masih tidak berfungsi, cobalah menggunakan kabel USB yang berbeda atau mencoba menggunakannya pada perangkat lain untuk memastikan bahwa masalah tidak terletak pada perangkat yang Anda gunakan. Jika masih tidak berfungsi, Anda mungkin perlu mengganti USB type micro tersebut dengan yang baru.

Demikianlah pembahasan mengenai USB Type-Micro. Semoga artikel ini bermanfaat.

Yuk Intip Kelebihan dan Kekurangan Layar HP LCD yang Mayoritas Dipakai Pengguna

Apa saja kelebihan dan kekurangan layar HP LCD? LCD adalah singkatan dari Liquid Crystal Display, yaitu sebuah jenis layar yang banyak digunakan dalam perangkat elektronik seperti komputer, televisi, dan ponsel. LCD menggunakan cairan kristal untuk menghasilkan gambar yang ditampilkan pada layar. 

Saat ini hampir semua jenis ponsel yang beredar menggunakan layar LCD. Sebab teknologi ini masih dianggap sebagai teknologi layar yang paling terjangkau dan dapat diandalkan. Beberapa contoh ponsel yang menggunakan layar LCD adalah Samsung Galaxy J2, Oppo A3s, Vivo Y91, dan Xiaomi Redmi 6A. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan layar HP LCD

Jenis Layar HP LCD

Ada beberapa jenis layar LCD, di antaranya adalah:

-LCD monokrom: Layar ini hanya dapat menampilkan gambar dalam hitam dan putih.

-LCD warna: Layar ini dapat menampilkan warna-warna, sehingga dapat menampilkan gambar yang lebih hidup dan realistis.

-LCD TFT (Thin Film Transistor): Layar ini menggunakan transistor tipis untuk mengontrol aliran cahaya, sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih tajam dan jernih.

-LCD IPS (In-Plane Switching): Layar ini menggunakan teknologi switching yang berbeda dari jenis LCD lainnya, sehingga dapat menghasilkan gambar yang lebih jernih dan terang dari sudut pandang yang lebih luas.

Semua jenis layar LCD memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada kebutuhan dan tujuan penggunaan.

Kelebihan Layar HP Jenis LCD

Ada banyak sekali  kelebihan dan kekurangan layar HP LCD. Namun, kita akan bahas  kelebihan yang dimiliki oleh layar LCD dulu, di antaranya adalah:

-Harga yang lebih murah: Dibandingkan dengan jenis layar lain seperti OLED atau AMOLED, layar LCD memiliki harga yang lebih murah sehingga lebih terjangkau bagi banyak orang.

-Konsumsi daya yang lebih rendah: Layar LCD menggunakan cairan kristal untuk menghasilkan gambar, sehingga tidak membutuhkan banyak daya untuk mengoperasikannya. Hal ini membuat layar LCD lebih hemat daya dibandingkan dengan jenis layar lainnya.

-Tampilan yang jernih: Meskipun tidak sejernih layar OLED atau AMOLED, layar LCD dapat menghasilkan gambar yang cukup jernih dan tajam jika dibandingkan dengan jenis layar monokrom atau CRT (Cathode Ray Tube).

-Kekuatan yang tinggi: Layar LCD terbuat dari lapisan kaca yang tebal dan kuat, sehingga tidak mudah pecah atau rusak jika terjatuh atau terkena benturan. Ini membuat layar LCD lebih awet dan tahan lama dibandingkan dengan jenis layar lainnya.

Kekurangan Layar HP Jenis LCD

Selain kelebihan, layar LCD juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah:

-Tampilan yang kurang tajam: Dibandingkan dengan jenis layar OLED atau AMOLED, layar LCD kurang tajam dan jernih dalam menampilkan gambar. Ini disebabkan oleh teknologi cairan kristal yang digunakan oleh layar LCD, yang tidak dapat menghasilkan gambar dengan resolusi yang tinggi.

-Tampilan yang kurang terang: Layar LCD juga kurang terang dibandingkan dengan layar OLED atau AMOLED, karena tidak dapat menghasilkan cahaya sendiri seperti layar tersebut. Ini berarti layar LCD tidak dapat menampilkan gambar dengan kontras yang tinggi dan warna yang hidup.

-Sudut pandang yang terbatas: Layar LCD hanya dapat menampilkan gambar dengan jelas dari sudut pandang yang terbatas, sehingga tidak dapat dilihat dengan jelas dari sudut-sudut tertentu. Ini berbeda dengan layar OLED atau AMOLED, yang dapat menampilkan gambar dengan jelas dari berbagai sudut pandang.

-Ghosting: Layar LCD sering mengalami masalah ghosting, yaitu munculnya bayangan gambar yang terus menerus setelah gambar aslinya telah berubah. Ini disebabkan oleh cairan kristal yang tidak dapat mengubah bentuknya dengan cepat, sehingga gambar yang lama masih terlihat sebagian. Masalah ini tidak terjadi pada layar OLED atau AMOLED, karena mereka dapat mengubah bentuk cepat dan tepat.

Harga Layar HP LCD

Sebagai sebuah perangkat elektronik, harga layar LCD untuk ponsel bervariasi tergantung pada merk dan spesifikasi yang dimilikinya. Namun secara umum, harga layar LCD untuk ponsel berkisar antara Rp100.000 hingga Rp500.000, tergantung pada ukuran dan kualitas layar tersebut. 

Harga layar OLED atau AMOLED akan lebih mahal dibandingkan dengan layar LCD, karena teknologi yang digunakan oleh layar tersebut lebih canggih dan rumit. Namun demikian, harga layar OLED atau AMOLED juga bervariasi tergantung pada merk dan spesifikasi yang dimilikinya.

Demikianlah pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan layar HP LCD. Semoga artikel ini bermanfaat.

3 Langkah Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh dengan Cepat

Bagaimana cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh? Layar ponsel yang tidak bisa disentuh adalah layar ponsel yang tidak merespons ketika Anda menyentuhnya dengan jari atau stylus. Ini dapat terjadi karena beberapa hal, seperti kerusakan pada lapisan sentuh layar atau kerusakan pada komponen hardware lainnya. Apalagi masalah ini dapat terjadi kapan saja. 

Sebetulnya penyebabnya tidak dapat diketahui dengan pasti. Namun ada beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya, seperti memperbarui perangkat lunak ponsel, membersihkan lapisan daerah sentuh layar. Jadi apa saja cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh?

Penyebab Layar Hp Yang Tidak Bisa Disentuh

Walaupun penyebab utama layar ponsel yang tidak bisa disentuh yaitu kerusakan pada lapisan daerah sentuh layar atau komponen hardware lainnya. Namun, layar ponsel yang tidak bisa disentuh juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lain, seperti:

-Kesalahan software ponsel. Beberapa kesalahan pada software dapat menyebabkan layar ponsel tidak merespons ketika disentuh.

-Debu atau kotoran yang terjebak di bawah lapisan sentuh layar. Debu atau kotoran yang terjebak di bawah lapisan sentuh layar dapat menghalangi kontak antara jari Anda dan layar ponsel, sehingga menyebabkan layar tidak merespons ketika disentuh.

-Kerusakan pada komponen hardware lainnya. Layar ponsel juga dapat menjadi tidak bisa disentuh jika ada kerusakan pada komponen hardware lainnya, seperti pada layarnya.

Cara Perbaiki Layar Hp Yang Tidak Bisa Disentuh

Cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh, Anda dapat mencoba beberapa langkah berikut:

-Perbarui software ponsel Anda. Jika ada kesalahan pada software, maka itu dapat menyebabkan layar tidak bisa disentuh. Anda dapat mencoba memperbarui perangkat lunak ponsel Anda ke versi terbaru untuk memperbaiki masalah ini.

-Bersihkan lapisan sentuh layar. Kotoran atau debris yang tertumpuk pada lapisan sentuh layar dapat menghalangi layar dari merespons ketika Anda menyentuhnya. Anda dapat mencoba membersihkan lapisan sentuh layar dengan menggunakan cairan pembersih layar yang lembut atau kain lembab untuk menghilangkan debris atau kotoran tersebut.

-Kunjungi teknisi ponsel profesional. Jika masalahnya tidak bisa diatasi dengan cara di atas, maka Anda mungkin perlu mengunjungi teknisi ponsel profesional untuk memeriksa dan memperbaiki kerusakan hardware yang terjadi.

Tips Memperbaiki Layar Tidak Bisa Disentuh Setelah Terkena Air

Jika layar ponsel Anda tidak bisa disentuh setelah terkena air, ikuti beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memperbaikinya adalah:

-Matikan ponsel Anda segera setelah terkena air. Ini akan mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen-komponen elektronik di dalam ponsel.

-Bersihkan lapisan sentuh layar dengan cairan pembersih layar yang lembut atau kain lembab. Ini akan menghilangkan air yang menempel pada lapisan sentuh layar dan mengurangi risiko kerusakan.

-Jangan mencoba menghidupkan ponsel Anda sebelum Anda yakin bahwa layar sudah benar-benar kering. Jika Anda mencoba menghidupkan ponsel ketika layar masih basah, maka hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen elektronik di dalam ponsel.

Apakah Perlu Mengganti Layar HP ?

Jika layar ponsel Anda tidak bisa disentuh sudah sangat parah, maka Anda mungkin perlu mengganti lapisan sentuh layar atau komponen hardware lainnya yang rusak. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan sendiri, maka Anda mungkin perlu mengunjungi teknisi ponsel profesional untuk memeriksa dan memperbaiki kerusakan yang terjadi. 

Namun, sayangnya jika kerusakan tersebut sudah sangat parah, maka Anda mungkin perlu mengganti layar ponsel Anda dengan layar baru.

Itulah tadi pembahasan mengenai cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Redmi 9A Vs Vivo Y91, Antara Kebutuhan dan Keinginan

Persaingan antara Vivo dan Xiaomi sangat sengit di mata masyarakat. Tidak heran jika produk dari kedua perusahaan ponsel ini sering dibandingkan keunggulannya.

Sama halnya dengan Redmi 9A Vs Vivo Y91, yang mana keduanya memiliki spesifikasi yang mirip namun ada celah perbedaannya.
Pada persaingan antara Redmi 9A Vs Vivo Y91, menjadikan warna tersendiri pada pasar gadget. Di mana keduanya mampu bersaing dari segi harga yang relatif murah hingga masyarakat masih bingung untuk menentukan pilihannya.

Tidak sedikit vendor smartphone meluncurkan produk android dengan harga murah mulai dari 1 jutaan rupiah. Hal ini karena banyaknya pasar yang membutuhkan ponsel dengan harga murah. Seperti halnya Xiaomi dan Vivo pada produk Redmi 9A Vs Vivo Y91 yang selalu bersaing pada segi harga dalam bersaing untuk mendapatkan konsumen.

Pada tahun 2020, Xiaomi telah meluncurkan produk terbarunya bersamaan dengan hari jadinya yang ke 10 tahun. Banyak yang mengetahui bahwa Xiaomi merupakan ponsel sejuta umat, alias Xiaomi sering kali

mengeluarkan produknya dengan harga yang merakyat. Sehingga tidak menutup kemungkinan, ponsel merk Xiaomi lebih mudah dimiliki banyak orang.

Kedua produk ini sangat sengit persaingan bukan dari segi harga saja, melainkan fitur kecanggihan yang dimiliki. Pada Vivo Y91, terdapat kapasitas RAM lebih besar dari Redmi A9.

Di mana Vivo Y91 memiliki RAM 3GB, sedangkan Redmi A9 memiliki kapasitas RAM sebesar 2GB saja.

Namun, Xiaomi Redmi A9 lebih mengunggulkan kapasitas daya baterai yang memuat sebesar 5000mAh. Tentu kapasitas ini sangat besar untuk menjalankan aktivitas kita seharian. Bahkan Redmi A9 juga dibekali layar dengan kaca anti pecah dengan merk terkenal. Komponen ini tidak dimiliki Vivo Y91 tentunya, yang membuat Redmi A9 lebih unggul pada keamanan layar.

Tidak mengedepankan layar anti pecah, Vivo Y91 mengusung teknologinya pada kebutuhan masyarakat pengguna android masa kini. Di mana Vivo Y91 memiliki 2 kamera utama dengan resolusi tinggi yaitu 13MP dan 2MP. Bahkan Vivo Y91 juga memiliki kamera depan dengan resolusi lebih tinggi dibandingkan Redmi A9 yaitu sebesar 8MP.

Jika Redmi A9 kalah terhadap Vivo Y91 karena keunggulan kameranya, namun Redmi A9 tidak diragukan soal teknologi daya baterai yang dimiliki. Karena selain kapasitas besar, Redmi A9 juga didukung teknologgi Fast Charging. Sehingga ketika pengguna HP ini membutuhkan urgent untuk mengisi daya baterai dalam waktu singkat, maka Redmi A9 dapat mendukung dari segi tersebut.

Jika kita melihat bahwa Vivo Y91 memiliki kamera yang beresolusi tinggi, namun Redmi A9 masih memiliki kualitas record video yang lebih tinggi. Di mana Redmi A9 memiliki kualitas perekaman sebesar 1080x60fps.
Namun, Vivo Y91 memiliki memori internal yang lebih besar 2x lipat dari Redmi A9, yaitu sebesar 64GB. Tentu hal ini terpikirkan karena kamera yang dimiliki Vivo Y91 sangat berkualitas. Sehingga pengguna Vivo Y91 akan seringkali melakukan pengambilan gambar.

Dalam persaingan Redmi 9A Vs Vivo Y91, tentu kita bisa melihat mana yang lebih trendy dan mana yang lebih efisien dalam penggunaannya.

Kita bisa menarik kesimpulan bahwa Redmi A9 lebih mengedepankan teknologi dan kebutuhan masyarakat dengan funsi HP yang berguna untuk bisnis dan pendidikan. Sedangkan pada Vivo Y91 lebih mengedepankan keinginan masyarakat pada penggunaan ponsel pada masa kini.

Sehingga, Redmi 9A Vs Vivo Y91 di sini kita bisa membedakannya. Meskipun keduanya masih terlihat mirip spesifikasinya. Begitu juga dengan harga yang relatif murah untuk kita miliki.

Vivo Y91 Vs Vivo Y91c, HP Kesukaan Para Pelajar

Vivo Y91 adalah smartphone yang sangat baik untuk pelajar atau orang yang suka selfie. Ini memiliki kamera yang gahar, masa pakai baterai yang lama dan banyak pilihan warna yang cocok dengan trend mode populer di kalangan anak muda di seluruh dunia.

Selain itu, ini berjalan di Android yang memudahkan untuk menemukan aplikasi yang dibutuhkan dan mengunduh game atau program baru yang ingin Kamu gunakan di ponsel.

Kedua versi tersebut sangat cocok untuk orang yang membutuhkan smartphone untuk bekerja atau untuk penggunaan pribadi. Baik Vivo Y91 maupun Vivo Y91C bagus untuk selfie dan fotografi.
Vivo Y91 vs Vivo Y91C memiliki kamera 16 MP dengan flash LED dan aperture f/2.0.

Kamera depannya beresolusi 5 MP yang mampu mengambil gambar jernih di kondisi minim cahaya. Selfie mudah diambil dengan filter dan efek khusus yang tersedia di aplikasi kamera.

Fungsi kamera lainnya termasuk mode panorama, gerakan lambat, dan 360 derajat.

Selain itu, kedua smartphone memiliki kapasitas penyimpanan yang besar – 32 GB pada model dasar dan 64GB pada versi dual-SIM. Ini dapat dengan mudah menangani ribuan foto, video, trek musik, dan file media lainnya tanpa masalah.

Vivo Y91 vs Vivo Y91C merupakan brand smartphone China yang meluncurkan smartphone pertamanya pada tahun 2014. Saat ini Vivo memiliki empat model smartphone, antara lain X21 dan Y51.

Kedua model ini ditujukan untuk pecinta selfie, karena memiliki kamera depan yang sangat bagus. Y51 juga memiliki layar sebesar 6 inci dan penyimpanan internal 64 GB. Namun, beberapa orang tidak menyukai model ini.

Vivo Y91 vs Vivo Y91C adalah model terbaru perusahaan dan menampilkan fitur yang mirip dengan X21 tetapi dengan prosesor dan kamera yang ditingkatkan. Vivo Y91 hadir dalam berbagai warna, termasuk hitam, biru, emas, emas merah muda, perak, dan emas putih. Ini sedikit lebih besar dari X21 dengan layar 5,5 inci dibandingkan dengan 5 inci.

Namun, layarnya sedikit lebih kecil yaitu 2160 x 1080 piksel dibandingkan dengan 3200 x 1800 piksel pada X21.

Vivo Y91 vs Vivo Y91C memiliki RAM 2GB dan penyimpanan internal 32 GB dengan memori yang dapat diupgrade hingga 128 GB menggunakan kartu microSD dan juga memiliki prosesor quad-core yang berjalan pada 2 GHz atau 2,2 GHz tergantung pada modelnya. Unit tersebut memiliki slot SIM hybrid untuk layanan seluler 2G, 3G dan 4G bersama dengan tiga slot SIM untuk koneksi data seluler tambahan.

Vivo Y91 vs Vivo Y91C ditenagai OS Android 7 Nougat dengan UI hybrid yang memungkinkan pengguna mengakses layanan Google seperti Gmail, Pencarian, dan Kalender langsung. Vivo y91 dan vivo y91c adalah dua smartphone high-end dari vivo. Keduanya memiliki spesifikasi yang mirip namun memiliki harga yang berbeda.

Vivo Y91 memiliki layar yang lebih besar, kamera yang lebih baik, dan masa pakai baterai yang lebih lama. Vivo Y91c lebih murah daripada y91 tetapi hadir dengan spesifikasi lebih rendah. Kedua seluler tersebut memiliki layar HD, namun, tampilan vivo lebih besar pada 4,7 inci sedangkan tampilan y91 lebih kecil pada 4 inci.

Ini juga memiliki dua kamera menghadap ke belakang dengan lampu kilat LED dan satu kamera menghadap ke depan.Harga vivo y91c lebih murah daripada y91 dan hadir dengan spesifikasi yang lebih rendah. Ini hanya memiliki 2 GB RAM, 16 GB memori internal dan penutup belakang yang tidak dapat diganti.

Vivo Y91 vs Vivo Y91C memiliki kemampuan kamera resolusi 16 MP dengan LED flash di belakang, 12 MP di depan dan 2 MP di belakang. Kedua ponsel juga memiliki kemampuan perekaman video 4K yang memungkinkan untuk merekam video berkualitas tinggi. Setiap smartphone memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB yang memberikan ruang untuk foto dan video.

Itulah perbedaan atau perbandingan smartphone Vivo Y91 vs Vivo Y91C. Dari segi tampilan dan style kedua memiliki kekurangan dan kelebihan. Sebenarnya Ponsel mana pun yang menjadi idaman kita itu akan menjadi lebih berarti di tangan yang kreatif.

Duel Xiami 12 Lite vs Poco F4, manakah yang terbaik?

Xiaomi 12 Lite vs Poco F4 mungkin tidak terdapat perbedaan yang mencolok. Hal ini bisa nampak dari handphone Xiaomi 12 Lite 5G dan POCO F4 5G yang sama-sama tersedia dengan harga di kisaran Rp5 jutaan. Akan tetapi kita belum tahu perangkat manakah yang paling layak untuk dipertimbangkan dari kedua jenis ponsel tersebut?


Dalam hal ini, Xiaomi 12 Lite 5G rilis di kisaran harga Rp5.799.000 untuk series 8GB + 256GB. Sementara itu, untuk handphone POCO F4 tersedia pada kisaran harga Rp5.199.000 untuk series 6GB + 128GB dan Rp5.699.000 untuk 8GB + 256GB. Wah, bisa dilihat bukan bahwa Xiaomi 12 Lite vs Poco F4 masih diberondol dalam range harga 5 jutaan saja.

Walaupun, diluncurkan dengan harga yang hampir setara, Xiaomi 12 Lite 5G vs POCO F4 memiliki keunikan dan spesifikasi yang terbilang sangat bertolak belakang. Berikut ini lebih lanjut kami akan membahas mengenai perbedaannya untuk Anda yang sedang mempertimbangkan kedua handphone tersebut.

Yang pertama handphone Xiaomi 12 Lite 5G nampak secara khusus membawa chipset Qualcomm Snapdragon 778G untuk dalam hal dapur pacunya. Berbeda dengan handphone tersebut, POCO F4 yang dirilis dengan harga yang sedikit lebih murah mengandalkan Qualcomm Snapdragon 870. Nah, dari sini sudah terlihat bukan perbedaannya?.

Snapdragon 778G dan Snapdragon 870 memang bisa dikatakan sama-sama bertenaga. Hanya saja dalam penggunaannya sehari-hari, kemampuan dari kedua handphone tersebut tentu akan sangat berbeda. Hal tak luput dari keikutsertaan spesifikasi dan dukungan yang dimiliki oleh kedua handphone tersebut.

Hal ini terbilang wajar apabila melihat Snapdragon 778G sebagai chipset yang dirancang sebagai jembatan antara pasar menengah dan atas.

Sementara itu, Snapdragon 870 benar-benar termasuk ke dalam kelas flagship. Tidak hanya sektor dapur pacu saja, perbedaan utama dari Xiaomi 12 Lite vs POCO F4 adalah dukungan fotografi di kedua handphone tersebut.
Keduanya memang sama-sama mengadopsi kamera utama dengan lensa tiga namun, resolusi yang disediakan sedikit berlawanan.

Dalam hal Kamera utama Xiaomi 12 Lite 5G ini mendukung pengambilan gambar dengan resolusi mencapai 108MP sementara, untuk handphone POCO F4 hanya mencapai 64MP.

Walaupun, keduanya sama-sama memiliki lensa sudut lebar 8MP dan makro 2MP. Hal tersebut tidak jauh berbeda dengan kamera depan dari kedua handphone tersebut. Xiaomi 12 Lite 5G hadir dengan membawa lensa yang resolusinya mencapai 32MP dimana, resolusi ini lebih tinggi ketimbang POCO F4 yang hanya mendukung sampai 20MP.

Jika diletakkan diatas kertas, kamera dari Xiaomi 12 Lite bakalan lebih mampu untuk menangkap gambar secara lebih detail. Namun perlu diingat bahwa handphone tersebut belum dibekali dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization).

Teknologi ini berguna untuk memberikan stabilisasi pengambilan gambar sebagaimana handphone POCO F4.

Selanjutnya, perbedaan Xiaomi 12 Lite vs POCO F4 ini terletak pada ukuran layar. Walaupun, sama-sama mengusung teknologi AMOLED dengan refresh rate hingga 120Hz, Xiaomi 12 Lite 5G juga memiliki ukuran yang lebih kecil. Layar handphone tersebut hanya seukuran 6,55” sedangkan POCO F4 sudah berukuran 6,67”.

Ditambah lagi, handphone POCO F4 juga memiliki tingkat kecerahan layar yang lebih tinggi. Layar handphone tersebut dapat menghasilkan cahaya hingga 1.300nit padahal Xiaomi 12 Lite 5G hanya mampu untuk menghasilkan kecerahan hingga 950nit saja. Dan sebagai alternatifnya, Xiaomi 12 Lite ini hadir secara lebih canggih dengan penggunaan teknologi Adaptive Sync.

Teknologi ini mampu untuk mengubah setelan refresh rate yang didasarkan konten secara dinamis dan dukungan sensor pemindai sidik jari terintegrasi yang ada pada layar. Sama-sama mengadaptasi teknologi pengisian 67W Turbo Charging, Xiaomi 12 Lite vs POCO F4 dilengkapi dengan baterai yang cukup berbeda. Handphone Xiaomi 12 mempunyai kapasitas 4.300mAh sedangkan untuk POCO F4 sudah mencapai 4.500mAh.

Itulah perbandingan dari Xiaomi 12 Lite vs POCO F4, jika dilihat dari berbagai sisi. Untuk pilihan mana yang terbaik, sebenarnya hal tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilihlah dari kedua jenis handphone diatas yang sangat sesuai dengan budget dan kebutuhan keseharian Anda. Jadi, dengan penjelasan diatas diharapkan Anda tidak bingung lagi dalam menentukan pilihan Anda.

Segera Rilis, Segini Harga Redmi 12T di Indonesia

Pecinta gadget di Indonesia tentunya sudah tidak sabar dengan perilisan Redmi 12T 5G. Berdasarkan informasi terbaru, Smartphone ini akan dipasarkan di Indonesia melalui sistem pre-order pada 5 Desember 2022 pukul 12.00 WIB mendatang. Meski akan segera dirilis, harga Redmi 12 T masih belum diketahui secara pasti.


Namun diperkirakan harga Redmi 12T akan dibanderol Rp 8 jutaan hingga Rp 10 jutaan. Pasalnya, di kawasan Eropa saja smartphone ini dijual dengan harga sekitar 600 Euro atau sekitar Rp. 9,6 juta. Namun, hal ini masih bisa berubah sesuai ketentuan yang berlaku. Patut kita nantikan, apakah Redmi 12T akan dijual dengan harga lebih murah atau bahkan lebih mahal di Indonesia.

Jika melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, sepertinya pantas jika Harga Redmi 12T cukup tinggi. Smartphone ini diketahui memiliki layar berukuran 6,67 inci dengan punch hole di bagian tengah atas. Layar Redmi 12T juga memiliki panel AMOLED dan beresolusi 120 x 2712 piksel yang membuat kualitas warnanya terlihat tajam.

Dari segi performa, Redmi 12T sudah terpasang chipset MediaTek Dimensity 8100 Ultra. Chipset ini memiliki kecepatan Octa Core 2.85 GHz yang didukung dengan GPU Mali G610 MC6 sehingga membuat smartphone ini lebih stabil dan tidak mudah panas saat digunakan, meskipun dalam waktu yang cukup lama.

Smartphone ini memiliki tiga kamera belakang dengan kamera utama beresolusi 108 megapiksel dan dilengkapi OIS. Dengan resolusi tersebut, foto dan video yang dihasilkan Redmi 12T sangat jernih dan stabil sehingga bisa merekam video hingga resolusi 4K. Sedangkan dua kamera belakang lainnya beresolusi 8 megapiksel lensa ultra white dan lensa makro 2 megapiksel. Sedangkan kamera depan beresolusi 20 megapiksel.

Smartphone ini memiliki keunggulan dalam pengisian daya yang sangat cepat, karena memiliki fitur Fast charging hingga 120 W. Oleh karena itu, baterai dari Redmi 12T akan terisi penuh dari 0 persen hanya dalam waktu sekitar 20 menit saja. Maka jangan heran ketika nantinya Anda membeli Smartphone ini dan pada saat di cas hanya dalam waktu singkat tiba-tiba baterai HP sudah terisi penuh.

Ada dua pilihan ukuran RAM dan ROM yang bisa dipilih saat membeli smartphone ini, yakni RAM 8GB/180GB dan RAM 8GB/256GB. Untuk fitur lain ponsel ini di lengkapi dengan. Dual SIM (nano + nano). In-display fingerprint sensor, Infrared sensor, USB Type-C audio, Hi-Res audio, Dual speakers, dan Dolby Atmos.

Untuk masalah koneksi mengingat Harga Redmi 12 T yang fantastis, ponsel ini sudah mendukung 5G SA/NSA di dukung Dual 4G VoLTE, Wi-Fi 6E 802.11 ax, Bluetooth 5.2, GPS (L1 + L5), NavIC, USB Type-C, NFC. Karena berbagai fitur tersebut, maka saat berselancar di dunia maya akan terasa cepat dan saat bermain game, Ping yang di hasilkan sangat kecil sehingga tidak akan ada lagi yang nannya Lag.

Di pasar global, Redmi 12T tersedia dalam tiga varian warna, yakni warna Black, Silver, dan Blue. Meski harga Redmi 12 T mencapai 9,6 jutaan di pasaran global. Namun perlu diingat bahwa harga pasar Eropa biasanya lebih tinggi dari Indonesia. Lalu kira-kira berapa harganya? Untuk masalah ini, Anda masih harus menunggu informasi resmi dari pihak Xiaomi pada tanggal 5 Desember 2022 mendatang.

Tertarik untuk memiliki smartphone keluaran Xiaomi ini? Jika Anda tertarik, maka bisa melakukan pre-order melalui konter resmi Xiaomi di Kota tempat Anda tinggal, atau bisa melalui situs resmi Xiaomi Indonesia. Apapun pilihan Anda, hal yang terpenting adalah siapkan budged yang cukup, mengingat harga Redmi 12 T cukup mahal.